Kegiatan Kemahasiswaan

PROGRAM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) UNIVERSITAS KADIRI 2019/2020

Berita UNIK (04/09/2019) – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan serangkaian kegiatan untuk memperkenalkan kegiatan sehari-hari di dunia perkuliahan, mulai dari kegiatan akademik maupun non-akademik. PKKMB ini bertujuan agar mahasiswa baru dapat memiliki gambaran awal mengenai keseharian di kampus yang berbeda dengan kesehariannya selama di sekolah, agar nantinya dapat memanajemen waktu dengan baik, serta dapat menjadi mahasiswa dengan segudang prestasi dan kontribusi yang membanggakan.

Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru yang bertemakan “ SINERGITAS” dan berjudul “MEMBANGUN GENERASI BERKARAKTER PANCASILA YANG PRODUKTIF- INOVATIF- DAN BERSINERGI DENGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0  UNTUK KEMAJUAN BANGSA”. Kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa baru dapat mempelajari kegiatan sehari- hari di kampus yang kegiatannya sudah berbeda dengan kegiatan keseharian di tingkat pendidikan sebelumnya. Kegiatan PKKMB Universitas Kadiri telah dilaksanakan selama empat (4) hari mulai dari tanggal 04 hingga tanggal 07 September 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh 382 mahasiswa baru yang berasal dari enam (6) fakultas yang ada di Universitas Kadiri yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Sospol, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Penyematan tanda peserta PKKMB 2019 secara symbolis oleh Bpk Rektor Universitas Kadiri, Ir. Djoko Rahardjo, MP

Adapun tujuan PKKMB :

  1. Memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran  dan kemahasiswaan.
  2. Mengenal dan memahami lingkungan kampus Universitas Kadiri sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan dan menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di Universitas Kadiri secara maksimal.

Selama empat hari tersebut mahasiswa baru mendapatkan sembilan materi yang disampaikan oleh pemateri dari dalam dan dari luar kampus Universitas Kadiri. Kesembilan materi yang disampaikan yaitu :

  1. Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri oleh Dr. IGG Heru Marwanto. MM
  2. Kehidupan Berbangsa dan Bernegara oleh Kustanto. SH, MS
  3. Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi oleh Drs. Talkah MPd
  4. Program Pembina Mahasiswa melalui General Education dan Pengenalan Sistem Pendidikan di Indonesia oleh Dr. Eko Winarti, SST, M.Kes
  5. Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi oleh Agung Mahfazi SH, MH
  6. Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kesigapan Bencana di Perguruan Tinggi oleh BPBD Kota Kediri yakni Bpk. Adi Sutrisno, S.Pd.,MM
  7. Pembinaan Kesadaran Bela Negara oleh Komandan Brigif 16 Wira Yudha, yakni Kolonel Infantri Endra Saputra
  8. Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme oleh anggota Polres Kediri yakni Bapak Ibnu Sa’i, SH
  9. Bahaya Narkoba dan HIV/ AIDS oleh BNN kota Kediri yang disampaikan oleh AKBP Bunawar, SH.

Dengan disampaikannya materi- materi tersebut diharapkan mahasiswa baru dapat mengenal, memahami dan  menambah wawasan dalam lingkungan kampus mulai dari lingkungan akademik dan non akademik. Diakhir acara, tepatnya dihari keempat tanggal 07 September 2019 diadakan acara malam puncak yang biasanya disebut malam Inagurasi. Disini mahasiswa baru maupun UKM yang ada di Universitas Kadiri bersama-sama memeriahkan acara malam Inagurasi . Setiap UKM menampilkan pertunjukan yang sangat menarik . UKM yang ikut bergabung memeriahkan acara pada malam puncak Inagurasi yaitu UKM SENI yang dibagi menjadi 3 : musik, tari, dan drama. Selanjutnya ada UKM PSHT yang menampilkan atraksi seni bela diri. Mahasiswa Universitas Kadiri tidak hanya unggul dibidang akademik, tetapi juga banyak penghargaan yang diterima oleh Mahasiswa Universitas Kadiri atas prestasi mereka di bidang Non Akademik. Salah satunya adalah UKM PSHT yang mampu meraih juara 2 di tingkat Nasional.

Penampilan perwakilan UKM di malam inagurasi PKKMB 2019