Kegiatan Kemahasiswaan

Ketua Koalisis Kependudukan Sampaikan Kuliah Tamu di Universitas Kadiri, Kediri

UNIK NEWS– universitas kadiri pada minggu ke empat akhir bulan juni menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu. Kegiatan yang bertempat di Aula Universitas Kadiri itu berlangsung selama satu hari, dengan menghadirkan ketua koalisi kependudukan Jawa Timur.

Acara yang bertemakan “Pembangunan Kependudukan yag berkualitas untuk meningkatkan Daya saing bangsa” itu diisi oleh seorang pemateri yaitu Dr. Luthfi Agus Salim,SKM.,M.Si. beliau menyampaikan tentang masalah peran pemuda milenial dalam pembangunan berwawasan kependudukan.

Dalam pemaparannya Dr.Luthfi menyebutkan pentingnya pembangungan yang berwawasan kependudukan, hal tersebut dikarekan jumlah penduduk di bumi ini terbilang padat.

“Bumi ini terbilang sumpek atau padat, yakni mencapai 7,5 milyar penduduk, padahal idealnya hanya 6.5 milyar sedangkan batas jumlah toleransinya hanya 9 milyar. Untuk itu jumlah itu perlu dikendalikan”, terangnya. Menurut beliau, melalui program kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dapat tercipta pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Wawasan kependudukan bisa dimanfaatkkan seluruh akademisi baik di Universitas Kadiri, Kediri sendiri maupun mahasiswa secara keseluruhan dan harapan kita ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, baik secara manual ataupun terhubung dengan e-library lain sebagai sumber informasi,” jelas ketua koalisi kependudukan Jawa Timur.

Pendidikan kependuudkan ini merupakan suatu upaya terencana dan sistemtis untuk membantu masyarakat agar memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang kondisi kependudukan sehingga, diharakan masyarakat memiliki kualitas hidup lebih sejahtera baik itu generasi sekarang maupun generasi mendatang.

Dalam kedatangannya di Universitas Kadiri, Dr.Luthfi juga menyampaikan bahwa salah satu bentuk pendidikan kependudukan dilakukan dengan melakukan suatu kerjasama dengan Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah Universitas Kadiri. Bertepatan dengan penyelenggaraan seminar, penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) tentang  pengembangan jejaring kemitraan. Universitas Kadiri.

Dalam nota kesepahaman tersebut Universitas Kadiri bersepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama penguatan Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan melalui keterpaduan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Untuk kedepannya universitas Kadiri yang telah menandatangani nota kesepahaman tersebut akan dapat ikut andil dalam memantau fertilitas maupun mortalitas penduduk indonesia, dalam e-library kependudukan.