UKM-RESIMEN MAHASISWA

UKM Menwa hadiri DIKLAT dan SUSKALAK di Dodikjur Rindam V/Brawijaya Malang

Unit Kegiatan Resimen Mahasiswa Universitas Kadiri melaksanakan pendidikkan latihan dasar (DIKLATSAR) angkatan LXXIII dan SUSKALAK XXXVI  di Jawa Timur tepatnya di Dodikjur Rindam V/Brawijaya. Pembukaan pendidikan dihadiri dari berbagai pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan organisasi Perangkat daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur dan Malang, para Komandan Satuan Se-Mahasurya, organik militer, dan dihadiri juga wadan Rindam V/Brawijaya Kolonel Inf. Bambang S. mewakili Dan Rindam V/Brawijaya.

            Pendidikkan tahun ini diikuti 380 siswa, 300 Diklatsar dan 80 Suskalak. Diikuti juga dari satuan luar mahasurya antaranya. dari Skomen Mahatara UIN Sumatra Utara, Skomen Mahadasa Institut seni budaya aceh, Skomen Mahabari UIN Sultan Syarif Kasim II, Skomen Maharatan Universitas Lancang KUNING Lampung, Skomen Mahakarta Institut pertanian Yogyakarta, Universitas PGRI Yogyakarta. Setelah resmi dibuka para siswa mendapatkan arahan langsung dari Brigjen (mar) Suhono selaku Inspektur upacara ketika pembukaan yang bertempat di lapangan hitam Depo Pendidikkan kejuruan. Dalam arahannya Brigjen (mar) Suhono didampingi oleh Wadan Rindam Kolonel Bambang S, Kepala Staf Resimen Mahasiswa “Mahasurya” Eko Purwanto, asisten pengamanan Ahmad Reza Alfian, dan beberapa Kaur dari organik Dodikjur serta Wadan Dodikjur Mayor (czi) Sultoni. Kakanham berpesan dalam arahannya “Bela Negara tidak tergantung dari tindakkan dan tingkah laku akan tetapi bela Negara berasal dari hati, dan MENWA adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang berpusat di satuan masing-masing dari berbagai Perguruan Tinggi. Dan MENWA dapat mengajarkan siswa untuk disiplin, selain disiplin MENWA juga dapat melatih mental keprajuritan dan mengajarkan doktrin membunuh atau dibunuh. ”

Ada 11 materi yang terdiri dari SEJARAH, PUDD, PPM, PATKAM, SURVIVAL, PBB, Bela Diri Militer, BONGPAS (Bongkar Pasang Senjata), CARAKA, Bela Negara.  Yang diikuti oleh peserta Diklatsar dan Suskalak. Saudara Dian Abdul Kholik sebagai peserta Diklatsar mengatakan “Diklatsar merupakan suatu pendidikan dan latihan dasar tentang keprajuritan yang diajarkan secara langsung oleh TNI AD di Dodikjur V/Brawijaya. Dan selama pendidikkan ini saya mendapatkan mental dan jiwa korsa yang kuat.” Upacara penutupan dilakukan pada Sabtu, 22 Februari 2019. Acara DIKLATSAR  berjalan dengan lancer dari upacara pembukaan hingga penutupan.